Siapa Andi Nugraha ?

Siapa Andi Nugraha ?


Andi Nugraha
 adalah blogger asal Ciamis, Jawa Barat. Sejak 2013 akhir hingga saat ini ia tinggal di kota Pelajar, Yogyakarta. Andi juga merupakan founder @diarymahasiswa

Mengenal dunia tulis menulis, Andi sendiri berawal dari sebuah diary yang ia tulis setiap harinya. Isinya full kegiatan sehari-harinya, mulai dari bangun hingga tidur lagi. Untuk yang penasaran sama Diary Mahasiswa, kalian bisa baca asal usul terbentuknya  DIARY MAHASISWA disini.

Andi Nugraha juga mempunyai hobi jalan-jalan, kulineran dan sepedahan. Terlebih disaat di kota pelajar, hampir setiap paginya ia menelusuri kota Jogja dengan sepeda kesayangannya.

Sahabat Diary Mahasiswa (SDM). Begitulah Andi menyebut para pembaca atau follower instagramnya. Hasil kerja kerasnya hingga saat ini instagramnya sudah lebih dari 50k pengikut. Disaat senggang ia juga kerap meluangkan waktu membalas satu persatu komentar SDM, baik di blog ataupun instagramnya.

Sebutan SDM sendiri terbentuk dari hasil diskusi dengan ibunya disaat awal membangung DIARY MAHASISWA. Kebetulan Andi sering banget menceritakan perjalanan @diarymahasiswa, terlebih meminta doanya. Sudah jadi kewajibannya.

Selain di blog dan instagram, diarymahasiswa juga aktif di media sosial lainnya seperti youtube, twitter dan facebook. Disaat luang, Andi selalu meluangkan untuk aktif juga di kanal youtubenya. Kamu bisa menontonya di channel ANDINUGRAHA

Kesehariannya disibukan juga dengan jualan kaos distro, kaos polos dan juga baju kemeja. Kalian bisa kepoin di @Gendons.id

* * *

Hobingnya menulis diary, membuat Andi berani untuk menerbitkan buku juga. Baik buku solo, yang ditulis sendirian ataupun buku antologi, yang ditulis secara bersama-sama dengan sahabatnya.

Sampai saat ini Andi sudah mempunyai karya 5 buku dan 4 ebook. Semua buku karyanya non fiksi, judul-judulnya bisa kamu baca dibawah ini :
  1. Semua Karena Wanita
  2. Arti Sebuah Perjuangan
  3. Misteri Puasa Daud
  4. Revolution Of Love
  5. Kado Terindah Itu Bernama Pengalaman
Dari semua buku yang Andi tulis, ada salah satu bukunya yang sudah sampai ke Taiwan. Meskipun ia sendiri belum pernah ke Taiwan, biarkan karyanya dulu yang sampai sana. Bahkan buku ke-5 Andi pernah ada yang membeli dengan harga Rp.500.000,- lebih pada saat itu. Padahal harga satu bukunya gak sampai Rp.50.000,- dijualnya.

Hingga saat ini Andi belum menulis buku lagi karena sedang ada kesibukan lainnya. Tapi untuk terus update di instagram, blog dan media sosial lainnya ia berusaha untuk terus aktif dengan harapan bisa manfaat.

Blog bagi Andi merupakan digital diary. Andi Nugraha awal mengetahui blog pada tahun 2009 yang lalu. Sejak ia duduk dibangku sekolah menengah pertama. Berawal karena tugas kuilahnya pada tahun 2014 membuat blog. Hingga saat ini Andi terus aktif menulis diary di blog sederhananya ini.


"meskipun diary usahakan berbagi, meskipun kegiatan sehari-hari, usahakan menginspirasi"

Andi sangat senang jika teman-teman pembaca blognya yang berlibur atau ada kegiatan di Jogja mengabarinya. Selain bisa silaturahmi bisa juga sharing-sharing singkat.

Menulis bagi Andi Nugraha merupakan cara terbaik untuk mengabadikan pengalaman. Pengalaman apapun bisa diceritakan, bisa dituliskan dan dibagikan ke semua orang.

APA KATA MEREKA TENTANG ANDI NUGRAHA

"Saya mengenal Andi Nugraha tahun lalu dan saya adalah salah satu pengagumnya. Andi pernah bantu saya merapikan blog, gratis pula. Salah satu inspirator saya untuk rajin menulis Diary lagi dan menulis di blog adalah dia"
Sitti Taslimah
Pemilik blog sittitaslimah.blogspot.co.id
* * *
"Saya kenal mas Andi pas masih pake alamat lamanya yang andinugraha.com selama kenal emang deh nih blog yang komen banyak banget. Gak cuman itu, mas Andi rajin banget balas komentarnya dengan sabar. Itulah yang buat saya termotivasi ngeblog juga sampai sekarang saya selalu ngikutin blognya"
Bimo Aji Widyantoro
Pemilik blog www.bimoaji.com
* * *
"Iyap aku pun mengenal sosok mas Andi ini karena rajin blogwalking, isi blog-nya juga enak dibaca buat saya yang jarang banget jalan-jalan, wkwk nasib emak dah"
Lia Lathifa
Pemilik blog www.narasilia.com
* * *
"Saya baru dua kali bertatap muka dengannya, orangnya ramah dan tidak sombong."
Adi Pradana
Pemilik blog adipraa.com
* * *
"Saya juga sudah lama kenal dengan beliau, dia itu ramah dan informatif dalam menyampaikan tulisan"
Ibrahim M.Pd.I
Pemilik blog Terwujud.com
* * *
"Luar biasa prestasinya. Mas Andi Nugraha memang tipe orang yg supel. Sudah banyak karyanya tapi tetap mau bergaul dengan siapapun. Blog gado-gado saya saja sering dikunjungi dan diberi oleh-oleh komentar sama mas Andi. Patut dicontoh ketidaksombongannya"
Anggun Josie Pasemawati
Pemilik blog perempuanapril.com
* * *
"Setuju, tulisannya panjang tapi ngalir jadi enak dibaca"
Nathalia Diana Pitaloka
Pemilik blog www.nathaliadp.com
* * *
"Aku juga sering banget mampir ke diary mahasiswa, hampir setiap postingannya. Meski tulisannya panjang-panjang tapi tetep menikmati saat membacanya, nggak bikin bosan"
Ella fitria
Pemilik blog www.ellafitria.com
* * *
"Awalnya saya juga bertanya-tanya, cowok nulis diary? Kan udah jarang ya. Trus tulisannya puanjang deh, untungnya mengalir dan gak bikin ngantuk"
Bunda Dzakiyyah
Pemilik blog www.bundadzakiyyah.com 

* * *
"Kang Andy emang baik terlihat dari komentarnya yang selalu positif dan akrab. Baru tau nerbitin buku yaa" 
Vika Hamidah
Pemilik blog www.ratutips.com

* * *
"Andi kalo nulis emang apa adanya dalam artian tertata dan infomatif beneran. Makanya detail sekali yang diceritakan dalam postingannya. Bahkan dalam berkomentar pun demikian, jika beliau lagi mendadak sibuk, dia akan ngepending komentarnya dan nanti akan dilanjutkannya lagi. Luar biasa sekali dalam menghargai postingan orang" 
Hawadis
Pemilik blog www.howhaw.com

Sumber testimoni : asikpedia *

"Salah satu blogger panutan saya @andi nugraha" 
Alfan Ismail
Pemilik blog www.alfanismail.com

* * *
"Gue pernah mampir ke diary mahasiswa, tuh! Memang bagus sih tulisannya, asik." 
Reza Andrian
Pemilik blog rezaandrian.com

* * *
"Andi Nugraha adalah salah satu blogger keren favorit saya, komentar-komentarnya selalu relevan dengan setiap artikel, postingan-postingan yang tertuang dalam Diary Mahasiswa selalu memberi banyak inspirasi bagi pembacanya. Sukses terus buat Diary Mahasiswa." 
Maman Achman
Pemilik blog saungmaman.com

Diary Mahasiswa akan terus ada. Andi Nugraha akan terus berbagi diary pengalaman di blog sederhana ini. Pengalaman apapun itu. Karena menulis bagi Andi merupakan cara terbaik untuk mengabadikan pengalaman.

APA KATA MEREKA TENTANG DIARY MAHASISWA (@diarymahasiswa)

@diarymahasiswa benar-benar  luar biasa! awalnya saya hanya sekadar iseng dan curhat biasa, komen di kolom komentar, dan ngga yakin bakal dibalas.

Ternyata, dugaan saya kian meleset, disini saya menemukan motivasi baru. di setiap update, entah itu snap gram, atau postingan beranda, menghadirkan cara untuk mengobarkan semangat mahasiswa. memberikan wejangan yang sesuai dengan cara pandang kita, mulai dari problema dilema anak rantau, biaya pendidikan, sampai masalah salah jurusan. 

Admin @diarymahasiswa tidak seperti admin akun lain serupa yang pembawaannya seperti robot atau mesin operator yang cuek dan tidak pernah menampakkan dirinya.

Admin @diarymahasiswa lebih terbuka, dan dengan fasihnya memberikan amanat dan asa untuk bangkit dari setiap masalah yang saya ceritakan. 

Terimakasih @diarymahasiswa !
Kiriman Rizma Ammay (@snack.taro).
* * *
Dengan adanya diarymahasiswa, secara pribadi aku bahagia,  bahagia karena apa ? Ternyata, yg curhat tentang permasalahan kuliah bukan aku pribadi aja,  ternyata teman² yg lain juga, giamana rumitnya tugas, dosen pembimbing yg terkadang PHP 😊, skripsi yang nunggu direvisi nggak kelar² , segitu rumitkah kuliah ?

Kalo dibilang rumit iya juga sih, yg terpenting dijalani , biar cepat lulus, kerja dan  bahagian orang tua😂

Diary Mahasisawa itu menginspirasi dan tetap dihati "
Kiriman @_y2ui
* * *
Diary Mahasiswa punya konten yang menarik dan menginspirasi buat mahasiswa. Seperti diary, diary mahasiswa juga bisa bercerita dan berbagi kisahnya. Kadang2 juga terhibur dengan nasib-nasib.

Nasib nasib yang dialami para mahasiswa. Ada yang enak dan ada ngenesnya juga. Tapi diantara itu semua diary mahasiswa emang paling pengertian, tahu apa yang mahasiswa pengen. Makasih diary mahasiswa 😊
Kiriman @amaliyatul_hamrah
* * *
Postingan nya sangat memotivasi mahasiswa. Terutama mahasiswa akhir.
Kiriman Septi Ani Lestari @septian.14
* * *
Menurutku akun diarymahasiswa tu mengibur banget, tapi ada bapernya juga kalo yang dibahas orang tua, akun ini juga banyak nginspirasi walaupun saya belum kuliah hehehe, sama video video.

Sama video video di youtube nya jogja banget, soal DM di IG makasih banget buat kakak admin udah mau berbagi saran lewat DM, udah mau baca curhatan ini wkwkwk pokoknya sangat membantu banget kak hehehe
Kiriman Utari @rinufa_
* * *
Wihh Akun @diarymahasiswa bagus banget gan, sangat menghibur, mengedukasi, dan banyak pelajaran yg bisa di ambil dari semua postingannya dan juga bisa memotivasi saya sebagai mahasiswa akhir.
Kiriman @bingkai.mahasiswa
* * *
Untuk Diarymahasiswa terima kasih banyak udah memotivasi kami yang dari maba sampai mereka para pejuang Skripsi dan toga wisuda.

Udah tau banget masa-masa down dan cara penanganannya. Semoga motivasi membuat kami lara mahsiswa semangat dan terus kejar mimpi kami di bangku kuliah 💪😊 Mangatss 😍😍
Kiriman @dianaa267
* * *
Alhamdulilah, finally dan trims motivasinya @diarymahasiswa quote yang selalu menguatkan dikala down ðŸ˜Š
Kiriman @achyanil
* * *
Alhamdulilah minn udah S.Pd 3.5 tahun. Makasih ya minn udah kasih semangat di proses perskripsiankuhhh ðŸ˜ðŸ˜

Makasih @diarymahasiswa sudah mewarnai proses perskripsian, dari postingan yang ngasih motivasi buat nyelesain skripsiku, admin yang baik-baik yang selalu kasih semangat dan dukungan ðŸ˜˜ðŸ˜˜ sukses terus dan jadi penyemangat pejuang skripsi lainnya ðŸ‘ðŸ‘
Kiriman @yaraa_shrn
* * *
@diarymahasiswa kadang muncul di home IG dan jadi pengingat disaat yang tepat. Entah itu karena postingan yang membangkitkan semangat yang mulai luntur, motivasi yang mulai rapuh, atau sekedar hiburan dari berbagai kabar teman-teman mahasiswa diluar sana.

Terkhusus mas @Klikandi makasih dulu mampir ke blog saya hingga saya kenal dan menuju @diarymahasiswa. hehe, tetap terang ya!
Kiriman @ajengveran
* * *
Barakallah @diarymahasiswa sukses selalu dan semangat terus buat memotivasi pejuang skripsi ðŸ˜
Kiriman @ulfauzia22

* * *
Tetap semangat ya min bikin postingan. Ngena mulu postingan nya ðŸ˜…
Kiriman @rifandydody
* * *
Postingannya bagus2, sukses terus kak.
Kiriman @roudhotul_maksumah
* * *
Alhamdulilah min, lancar udah dapet gelar sarjana. Berkah motivasi2 dari postingan diarymahasiswa juga.
Kiriman @ariadibst
* * *
Thank you min buat postingan2 nya. Nyemangatin banget ðŸ‘ðŸ˜
Kiriman @rosdhy_wally
* * *
Mimin baik banget deh min, mau dengerin curhatan kita kita, jarang jarang banget ada yang begini, diterusin ya min, tetep ramah ye min ðŸ˜ðŸ˜
Kiriman @mfhazsk05

Terima kasih ya buat kalian, selama ini sudah support andi nugraha & diary mahasiswa sampai sejauh ini

apapun yang mau disampaikan, silahkan tulis dikomen.

Untuk bisa mengenal lebih jauh, kamu bisa ikuti media sosialnya Andi Nugraha :

Facebook     Andi Nugraha
Instagram    @klikandi
Twitter        @klikandii
Youtube       ANDI NUGRAHA
SMS/WA     085 723 741 831
Email          andinugraha442@gmail.com

76 komentar

  1. Wah andi aktif menulis ya, bukunya juga udah banyak. Keren deh

    BalasHapus
  2. Wah penulis Antologi, aku blm berhasil menjadi penulis antologi, padahal pengen banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kesampaian suatu saat nanti ya, Teh Cica :)

      Hapus
  3. Saya suka dengan quote di atas "Meskipun diary usahakan berbagi,meskipun kegiatan sehari-hari,usahakan menginspirasi"

    it's cool....

    BalasHapus
  4. Salam kenal ya mas Andi...keren banget buku2nya banyak gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga teh Nurul.
      Terima kasih.. :)

      Hapus
  5. Salam kenal Mas Andi, Saya Gun asli Padaherang tinggal di Bogor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas Gun, semoga terjalin silaturahmi terus :)
      Oh gitu, Padaherang Pangandaran kah?

      Hapus
  6. sukses terus ya bro.keren !
    sengaja mampir ke blog nya karena liat di instagram

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Wit..
      Sukses juga buatmu..

      Hehe.. sering-sering juga gak masalah.
      Pasti tak jamu lah :D

      Hapus
  7. Ngomong-ngomong gimana ceritanya nama blog ini berubah, dari nama andinugraha jadi diarymahasiswa, saya ketinggalan berita nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek aja di postingan, Mas. Dengan judul "Diary Mahasiswa".
      Distu sudah saya jelaskan dengan lengkap..

      Hapus
  8. boleh nih ke jogja saya konetk mas andi nugraha DM hahaa, biar bisa jadi gude selama disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, boleh-boleh, Mas.
      Selagi saya longgar, dan bisa nemuin in shaa Allah bisa. Sekalian silaturahmi..

      Hapus
  9. Ingat Diary, Ingat Andi.
    Ingat Diary Mahasiswa, Ingat Andi Nugraha.

    Andi...
    Sudah berapa banyak wanita yang Andi bikin jatuh cinta?
    Lho? Ini apa maksudnya? Kok nggak nyambung ya? Hahahaha....

    Saya kehabisan kata dan tak tahu harus berkata apa, jadi ya gitu deh. Asal berkata-kata jadinya.

    Andi Nugraha...
    Sehat dan sukses selalu ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak, Teh. Bejibun dah cewek yang udah saya bikin jatuh cinta..wkwk
      Kehabisan kata kok ngetik itu..hehe

      Aamiin, sukses juga buat teh Ima..

      Hapus
    2. Cie...., untung bukan saya salah satunya. Tapi nyaris lho, kalo saja saya nggak tahu diri.
      Hahahaha....

      Komentar Andi di dua blog saya banyak sekali. Jadi berat kalo saya tidak main ke sini lagi dan meninggalkan jejak juga.
      Makasih banyak, ya Ndi.

      Hapus
    3. Haha..nyaris apa, Teh :D
      Sama-sama, Teh.. Sering maen aja ke DM. Sekalian kumpul sama SDM juga :D

      Hapus
    4. eh, mbak siti kemana ya ndi. dah lama ga online keknya

      Hapus
    5. Lagi sakit, Teh. Coba baca postingan diblognya..

      Hapus
  10. Satu lagi....
    Makasih juga buat linknya ya. Saya baru liat tuh.
    Maunya nggak usah aja. Saya tidak mau jadi banyak yang berkunjung ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar makin banyak yang ngunjungi, nanti kan nambah teman juga :)

      Hapus
  11. Salam kenal. Keren, travel blogger, banyak pengalaman dan menambah pengetahuan di sana sini. Baru mampir di blog ini dan membaca beberapa artikel, sudah terkesan ditulis dengan bagus dan mengalir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, Mas Hindro Hindrianto.
      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca diarynya juga.
      Semoga terus terjalin silaturahmi lewat tulisan ya, Mas.

      Hapus
  12. Andi Nugraha adalah salah satu blogger keren favorit saya, komentar-komentarnya selalu relevan dengan setiap artikel, postingan-postingan yang tertuang dalam Diary Mahasiswa selalu memberi banyak inspirasi bagi pembacanya. Sukses terus buat Diary Mahasiswa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hatur nuhun, Kang. Semoga kedepan terus bisa istiqomah, dalam nulis, berbagi dan yang lainnya tentunya dalam hal kebaikan.

      Aamiin, sukses juga buat Saung Maman.

      Hapus
  13. Wah mas andi memang pantes nih jadi panutan para blogger newbie kaya saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, mas Mayuf bisa saja, aku masih belajar kok. Dan akan terus belajar..

      Hapus
  14. Semoga terus aktif nulis, jd bisa terus menginspirasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, doanya, Mas. Begitu juga dengan mas Ridsal Yahfin ya, semoga terus bisa berbagi dan menginspirasi lewat tulisa ya..

      Hapus
  15. Siapa dibalik diary mahasiswa...???

    Siapa doong!! 😱😱

    Yaa!! Mas Andi Nugrahalah seorang blogger santun yang punya hobi Sukasni...( Suka Sana Sini ) 😂

    Untuk Hobi sebenarnya hampir sama seperti saya, Tapi itu dulu mas!..😂😂

    Yang unik dari mas Andi adalah bila habis Sukasni langsung deh dituangkan kedalam diary sakitnya dari mulai A sampai Z ...Mantap mas Andi lanjuutt!!..😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja nih, Mas Satria..he
      Unik juga sebutan sukasni, kalau tanpa arti dalam kurung itu, mana saya paham artina suka sana sini..hehe

      Oh yah, *tos* dulu dong, Mas :D

      Siyap, in shaa Allah terus berlanjut berbagi dalam diary disini, Mas..

      Hapus
  16. Aku tu udah lama mau nanya, cimaismu daerah mana mas? Dekat desa cinta ratu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daerah Lakbok, Sukanagara, Tahu tah?
      Ya nggak jauh banget lah sama Cinta Ratu..

      Hapus
  17. Wah lama saya nggak mampir ke sini. Dulu saya juga masih yang pas andinugraha dan selalu error pas belakangan. Ternyata udah pindah ke diarymahasiswa, hehe... So far tekhnik story telling-nya keren kok, jadi enak dibaca. Dirimu orang Sunda ya, cuma betah di Jogja, haha... Keep sharing ya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sekarang kan sudah tahu nih, Teh. Sering maen aja ke Diary Mahasiswa ya.. :D
      Terima kasih, Teh. Iya betul sekali, orang sunda dan betul juga bethan di Jogja..hehe

      Hapus
  18. Diary yah ? Gua nggak punya, dulu sempat bikin diary magang, selesai dan sepi pembaca, menurut gua loe keren, masukan yah tanggapan gua ini ckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu punya dong, udah ada di blog nggak, Mas diary magangnya, biar yang lain baca juga.
      Hehe..Boleh-boleh, Mas, nanti aku masukan kalau lagi edit ya..

      Hapus
  19. Wah wah asyik nih, diary mahasiswa yang bakal berbagi semua hal yang telah dialami penulis.. Keep writing yak dan semoga konten-konten disini semakin bermanfaat dan menginspirasi siapa pun yang membaca..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terima kasih ya, Zalfaa..
      In shaa Allah akan terus berusaha update ini Diary Mahasiswa. Dan akan jadi diary pembeda dari yang lainnya :)

      Hapus
  20. Baju Kaosnya kerennn Mas, buat kami mana ? hehehe.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu Gie Awat dari Diary Mahasiswa ya, Kang..hehe
      Tapi entah tahu kapan sih :D

      Hapus
  21. Josh mas, tetap semangat untuk berbagi di dunia blogging. I'm with you... #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siyap, Mas Adi.
      Kapan nih maen bareng lagi.. exsplor tempat mana ya?

      Hapus
  22. Salfok ke kaosnya, seru juga ya kalau punya merchandise dari blog kita jadi kemana-mana bisa dipakai sekalian ajang promo gratis haha. Semoga maju terus ya blog diary mahasiswanya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gitu deh, Teh. Ide menggunakan kaos dengan desain sendiri ini dari tahun 2015. Berawal buat dipake sendiri lama-lama dijual juga..hehe
      Aamiin, teirma kasih, Teh.

      Maju juga buat blog duduk paling depan, udah duduk di depan tentu harus terdepan juga dong..hehe

      Hapus
  23. Barakallah, semoga bisa terus menginspirasi ya mas..

    BalasHapus
  24. hoo, mas yang punya diary mahasiswa:D , lihat foto fotonya, jadi teringat masa ngampus 2011-2016

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fotonya satu kok itu, Mas..he
      Emang bedanya tahun 2018 sama tahun 2011-2016 apa, Mas?
      Lebih keren atau lebih apa nih ? :D

      Hapus
  25. Aku anak SDM *ala2 iklan SGM* :D

    Suka sama mottonya: "Meskipun diary, usahakan berbagi. Meskipun kegiatan sehari-hari, usahakan menginspirasi."


    Keep inspiring (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iklan SGM gimana gitu, Teh :D
      Terimakasih ya, semoga terus bisa update di DM ini..

      Hapus
  26. keren selalu ada yang baru di diary mahasiswa, btw, kalau bikin jadi one page gini gimana ya mas? he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..Terima kasih, Mas.
      Maksudnya one page gimana nih, Mas? Belum maksud saya..he

      Hapus
  27. Meski udah kenal agak lama via blog , aku baru nyadar kalo belum mampir komen di artikel mas Andy ini .. 😁


    Maaf ya,mas.
    Salam [ulang] kenal ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Santai aja, Mas. Yang penting sering maen aja..he
      Salam [ulang] kenal kembali :D

      Hapus
  28. Wah, blogger terkenal....😀😀
    Saya daftar jadi SDM juga deh.
    Sukses terus ya mas buat blognya.
    Salam kenal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, terkedanal di keluargaku..wkwk
      Boleh, selamat datang Sahabat Diary Mahasiswa. Semoga betah ya main disini..he
      Aamiin, sukses juga buat blog teh, Astria..
      Salam kenal kembali..

      Hapus
  29. Wihh kerenn om,
    Tulisan mas andi selalu mengundang penasaran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. Terima kasih, Mas Septian Rishal :)
      Sukses terus ya, Mas..

      Hapus
  30. Kayaknya ada yg lagi aniversary atau lagi promosi diri..

    Sukses terus dan mengispirasi dg diarynya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, masa sih, Mas? Tahu dari mana hayo? :P

      Aamiin, terima kasih, Mas Heri. Sukses selalu juga buat, Mas Heri.

      Hapus
  31. Sekarang saya baru tau, terimakasih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..Sama-sama, Mas Ivlay Fus, sering-sering main kesini ya :)

      Hapus
  32. 😂
    Ini kayaknya komentar di artikel asikpedia yg review blog mas andi ya?
    Sesuai dan setuju sama pendapat yg lainnya. Patut dicontoh karya dan cara bergaulnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, dan udah aku cantumkan juga sumbernya diatas kok :)
      Aamiin, terima kasih Anggun..

      Sukses selalu ya.

      Hapus
  33. Salam kenal, sukses terus blognya. Jangan pelit buat share tips & trik ngeblog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga ya, Mas.
      Sebisanya in shaa Allah, Mas :)

      Hapus

Terima kasih sudah membaca diary Andi Nugraha kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya. Komentar dari kalian merupakan sebuah apresiasi besar untuk penulis.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *